Monday, September 19, 2011

LIMA DANAU LAVA TERKENAL DI DUNIA


 
 
Saat ini ada lima danau Lava yang terkenal di dunia, yaitu : Erta Ale di Ethiopia, Nyiragongo di Republik Demokratik Kongo, Kilauea di Haiwaii, Gunung Erebus di Antarktika, Villarrica di Chili. Danau-danau lava tersebut dapat terbentuk di lubang angin atau kawah gunung berapi. Mereka mengandung banyak lava cair, untuk jelasnya mari kita lihat danau-danau lava itu,



1.    Erta Ale, Ethiopia


 
Erta Ale dilihat dari ketinggian 613 m, Ethiopia Erta Ale adalah gunung berapi yang paling aktif. Danau lava di puncak dan merupakan terpanjang di dunia dan tertua, seperti yang telah hadir sejak awal abad lalu. Erta Ale terletak di Depresi Afar, sebuah daerah gurun di perbatasan ke Eritrea.

 
2.   Nyiragongo di Republik Demokratik Kongo
 


Nyiragongo adalah Stratovolcano, yang menjulang puncak kawah utamanya adalah 250 m dalam dan 2 km lebar. Letusan utama dimulai pada 17 Januari 2002, yang terlantar 500.000 orang sebagai aliran lava bahkan sampai di kota Goma, 20 km dari batu dan berkedip menjadi uap. Gunung berapi ini mungkin telah menjadi lava yang paling kejam dan terus terjadi letusan-letusan, 

 
3.   Kilauea di Haiwaii






Kilauea dalam bahasa Hawaii yang berarti    “ Memuntahkan “, Gunung ini merupakan Gunung Berapi yang termuda dan gunung berapi ini merupakan gunung berapi yang paling aktif. Gunung berapi ini terus menerus memuntahkan lahar sejak 3 Januari 1983. Gunung berapi ini merupakan Dewi gunung berapi di Hawaii. Kilaulea adalah salah satu dari lima gunung berapi yang membentuk perisai pulau Hawaii.

 
4.   Gunung Erebus di Antarktika



Gunung Erebus Volcano berarti "api dan es"  gunung ini berada di Pulau Ross, Antartika. Gunung ini memiliki tinggi 3.794 m, Letusan terakhir terjadi pada tahun 2008. Gunung Erebus merupakan gunung berapi yang aktif dan bagian dari Cincin Api Pasifik, sebuah kumpulan lebih dari 160 gunung berapi aktif. Gunung ini dinamai seperti dewa Yunanai yaitu Dewa Erebus yang berarti "kegelapan"

 
5.   Villarrica, Chile





Dibandingkan dengan danau lava sebelumnya, Villarrica's, dengan panjang 250M dan kedalaman 100 m, relatif kecil dan mungkin telah menyusut lebih lanjut sejak kegiatan puncaknya pada bulan November 2004, gunung ini merupakan gunung  berapi yang aktif di chile.

0 comments:

Post a Comment